Senin, 22 Desember 2008

9 MONTH


Fahira sudah 9 bulan, banyak catatan buat bulan ini...soalnya sampe 3 kali ketemu dokter ..

  1. Imunisasi yang hukumnya wajib sudah selesai semua.. tinggal snob nya :p
  2. Kulit pipi Hira kena iritasi, alergi entah karena apa? dikasih salep elocon sembuh tapi kok
  3. Karena Ibuna kena Flu Hira jadi ketularan, plus batuk berdahak kasian banget, sama dokter dikasih amoxan sama obat racikan yang ada vitaminnya
  4. dan nafsu makan yang turun diiringi berat badan juga turun 1 ons.
Perkembangan Fahira di bulan 9 adalah :
  • Mulai belajar jalan
  • Gigi sudah tumbuh satu
  • Seperti mulai mengenali dirinya sendiri dalam cermin trus heboh
  • bisa minum dari gelas sedikit-sedikit
  • bisa menjatuhkan mainan lalu mengambilnya lagi
  • Bisa duduk dengan sempurna
  • semakin jelas bunyi "Ayah"
  • Udah bisa ngoceh seperti ngajak kita ngobrol ... hihi pake ekspresi lagi.
  • Udah bisa marah, menolak sesuatu, dan pengen sesuatu
  • Bisa memindahkan mainan dari satu tangan ke tangan yang lain..
Imunisasi wajib yang udah dienjusin ke Hira :
LAHIR : 20 MARET 2008, berat 3050 gram, panjang 49 cm
Imunisasi :
BCG :
3 Mei 08
Polio I :
14 April 08
Polio II:
14 Mei 08
Polio III:
21 Juni 08
Polio IV:
19 Juli 08
DPT I :
21 Mei 08
DPT II:
21 Juni 08
DPT III:
19 Juli 08
Hepatitis B I:
14 April 08
Hepatitis B II :
14 Mei 08
Hepatitis B III :
14 Okt 08
CAMPAK :
13 Desember 08
HIB I : 130109
HIB II : 130309
HIB III : 160509
MMR : 200609

Jumat, 21 November 2008

MONTH 8


Fahira sudah 8 bulan, semakin hari semakin banyak hal baru yang berusaha dia tunjukin sama kita,... berat badan 8.2 Kg ...sepertinya nggak banyak nambah, karena dia aktif sekali bergerak kesana-kemari, beberapa kali kejedot lalu nangis... atau ketelingsup *halah ketelingsup* kepinggiran kasur trus nangis ..hahahaha.

Perkembangan bulan kedelapan ini Fahira kami:
  • bisa berdiri berpegangan, entah itu lagi dibox atau di babygym-nya atau ditempat tidur kita...
  • bisa merangkak ditempat tidur maupun dilantai ... *duh senengnya*
  • antusias kalo liat bayangan dirinya sendiri dicermin :)) suka heboh sendiri sampe jerit-jerit girang *narsis*
  • bisa tertawa ngakak, menciptakan pola bahasa dan gaya tubuh tertentu untuk mengungkapkan keinginannya ..*intinya komunikasi semakin baik*
  • bisa duduk dengan sempurna tanpa jatuh kekiri dan kenanan, lalu narik dirinya sendiri buat berdiri
  • seneng ngangkat n nurunin bokong juga punggung kalo lagi girang diiringi menjerit
  • bisa mengadukan dua buah mainan pake dua tangannya.. walau masih jarang bisa tepat :)
  • sudah sering bilang "Yah" .."Ayah" ... kalo liat Ayahnya :( ...tapi belom bisa bilang Ebo...Ibo..Ibu...
  • tidur sepanjang malam, kadang bangun sekali aja karena kaget gelap, or haus ... dia berani ya bobo sendirian hebat kan?
  • gemar menjambak rambut *haaaaah ini yang nyebelin*
Fahira lagi getol belajar jalan, entah itu pake babywalker, atau dibantu babygym, juga dibantu kursi plastik ... doakan supaya cepet bisa jalan :) ...yihaaa

Rabu, 29 Oktober 2008

MONTH 7

Fahira lagi main di box besar..dikamarnya sendiri

Hira sudah 7 bulan ..., berat terakhir 8.2 Kg, bulan ini habis imunisasi Hepatitis B, sudah mulai bisa makan bubur, jus buah, susu, dan puding ..sengaja dibikinin puding tahu....ternyata dia doyan banget...

Perkembangan bulan ke Tujuh
  • Hira sudah bisa gembira sendiri hahaha....kosakatanya makin banyak seperti : "eh eh eh eh" ..."neeh" ..."ayayaya" .."mbuu" ... "mbrr" ... "aaaaa" dan "Neeneeen" kalo aus
  • Hira sudah bisa mengambil barang dengan tangan kanan atau kiri, malah sekarang mulai pengen belajar berdiri walau masih dipegangin
  • Udah bisa duduk lama...
  • Udah bisa merangkak setahap demi setahap, meraih mainan yang dia mau.
  • Kalau dimandiin udah bisa main air :D ...
  • Udah makin gede..gendongnya makin enak..makin berat...

Rabu, 08 Oktober 2008

MONTH 6


Nikmati senyumnya yang manis... tawa si penguasa remote n henpon !!!

Fahira dibulan ke-6 berat badan 7.7 Kg, mungkin karena banyak bergerak jadi pertambahan berat badan tidak signifikan. Prestasi yang sudah diperlihatkan di usia 6 bulan adalah sebagai berikut :

Perkembangan bulan keenam
  1. Sudah bisa mengangkat badan, *gongg-nggong* cikal bakal merangkak, satu kaki sudah bisa di majukan kedepan pada saat posisi merangkak ini.
  2. Sudah mulai belajar duduk sendiri walau masih kayak menara pisa miring-miring gedebrug ... tapi tak lelah terus mencoba ... akhirnya bisa duduk miring bertumpu satu tangan seperti gaya putri duyung duduk diatas batu karang *ciee cieee*, n n ...Hira sudah bisa guling sana guling sini menjelajah seluruh tempat tidur...
  3. Sudah bisa memasukan biskuit kedalam mulutnya, dan berusaha meraih mainan sesuai dengan keinginannya *halah nyamperin mainan ndiri begitoo*
  4. Sudah bisa didudukan dan bertahan sampe hitungan 20 *hihihihi* kayak apa aja
  5. Kosa kata seperti *Tatatatatata, nyenyenye...ibooo booo...ayayayayayaya* hiiih lucu pan anak ay...
  6. Sudah punya waktu makan ...jam 9 ..jam 12 siang dan jam 6.30 malam ???? makanan Hira : bubur beras merah asli, bubur nasi+ wortel serut, farley, nestle, milna, dan susu *untuk susu masih kenalan* dia lebih suka air Aqua.
  7. Tanda-tanda mau tumbuh gigi sudah muncul lho...
  8. ini paling TOP....Fahira sudah bisa Ngadat hhihihihihi....
Bulan ini tak ada kegiatan ke Dokter, hanya sempat tertular flu walau cuma sehari :D ..semuanya berkat ASI ...Obat yang turun dari Langit ..., bulan depan kita akan ketemu Dokter lagi buat imunisasi ...


Sabtu, 09 Agustus 2008

MONTH 5


Nggak kerasa udah 5 bulan ...terakhir di timbang Hira udah 7,6 Kg, mungkin banyak gerak, jadi nggak nambah banyak, bulan ini bulan terakhir ASI saja, bulan depan sudah MPASI ...Hira mau belajar makan

Perkembangan bulan kelima
  • Bulan kelima Hira sudah bisa melihat kesekeliling ruangan
  • Sepertinya Mengenali anggota keluarga dengan baik
  • Bisa menggoyang-goyangkan mainan dan sering mengeksplorasi dengan mulut
  • Bisa bergulingan
  • Kalo dipakein baju nggak mau diem ..sibuk pengen tengkurep, jadi agak susah ...
  • Bentuk Celotehan baru udah mulai bermunculan

Rabu, 23 Juli 2008

MONTH 4


040708
Jari jemari sudah bisa meraih, dan akhirnya megang sesuatu, tapi mulai ngenyotin jempol ma jari2 yang lain :(

090708
Pertama kali tengkurep sendiri, ke arah kiri...hebat kan? kekanan belom bisa

150708
Ditimbang di posyandu 7,2 Kg

190708
Imunisasi DPT terakhir + polio, berat badan 7 Kg , kok turun ya? beda timbangan kali ya? badannya panas ampe 2 hari. barengan ma Ibunya pasang IUD

220708
Bisa tengkurep ke sebelah kiri ..tapi masih berjuang masih nggak bertanggung jawab nggak bisa telentang lagi.

Perkembangan bulan keempat
  • Mulai bisa megang jempol kaki, tapi masih sebentar
  • Bisa miring kiri kanan, tapi belom bisa tengkurep ke kiri, belom bisa telentang
  • Mulai sering ketawa juga jahil
  • Mulai bisa meraih mainan ..duh senangnya trus dimasukin mulut diisep-isep deh.
  • Mulai bisa marah Xixiixi
  • Mulai ngomong pake bahasa sendiri sama barang2 disekitar juga sama keluarganya, eungh eugh atau engging.
  • Tidur malamnya sudah lebih panjang dibanding siang hari


Senin, 23 Juni 2008

MONTH 3


Dewh...Hira serius amat ya...usianya udah 3 bulan, di foto sembari sedih nggak diajak nonton kungfu panda

080608
Punya Baby gym, mulai hari ini sarung tinjunya dilepas, supaya bisa mulai belajar menggenggam dan meraih...

100608

Ke Posyandu, ditimbang 6.2 Kg hehehe..dapet snack, susu + agar2 *buat Ibunya aja ya* ..

210608
Imunisasi Polio ke-3, Imunisasi DPT ke-2, panas hanya 1 hari ... sempet muntah banyak karena kekenyangan sama ASI, obat masih sama yang dipake, sama seperti DPT pertama, 0,6 ml aja tapi kali ini hanya 2 kali minum usah nggak demam lagi... Hira agak rewel mungkin nggak enak badan kali ya, berat badan sekarang sudah 6,5 Kg panjang bertambah jadi 63 cm.

220608
Kamar tidur Hira pindah lagi ke atas.

Perkembangan Bulan ketiga
  • Kepala sudah mulai tegak kalau didudukan, bisa digendong dengan kepala bebas tanpa dipegangin
  • Sudah mulai bisa menggenggam jari Ibunya, memegang mainan kalau dikasihkan ke tangannya.
  • Tersenyum spontan, menjerit, lebih ekspresif dan responnya lebih baik.
  • Mulai bisa miring kekiri kekanan walau belum sepenuhnya miring, dia masih kesulitan bawa kepala kalo mau miring.
  • Kalo lagi ASI tangannya udah mulai bisa megang dada Ibunya, kadang bisa sambil ketawa...
  • Hira sudah bisa memperhatikan tangannya.
  • pola tidur masih beda-beda ... malam masih harus berjuang menidurkan Hira.
  • Hira sering ngobrol sendiri :)) ...rame kan...., trus seneng nonton F1, kemarin aja sampe njerit-njerit girang nonton F1 ....

Kamis, 15 Mei 2008

MONTH 2


010508
Ke harapan bunda belajar pijat bayi untuk Fahira, supaya sehat dan pertumbuhannya bagus :)

030508
Imunisasi BCG by Dr. Dida, kenapa hari sabtu? karena bayinya dikumpulin dulu... :) jadi hari itu khusus hari BCG.

130508
Daftar Posyandu di Komplek, dengan biaya Rp 10.000 saja, dapat kartu juga snack buat Ibunya hehehe....

140508
Imunisasi Polio 2 & Hepatitis B 2 by Dr Dida... berat badan Fahira sudah 5,4 Kg Alhamdulillah :)

210508
Imunisasi DPT ...panas dan demam 2 hari :) , berat sudah 5.7 Kg, Imunisasi DPT yang pake panas, tapi dikasih obat penurun panas dari Dokter :)

Perkembangan Bulan Kedua
  • Hira sudah mulai ngerti dan bedain muka orang2 disekitarnya, peka sama suara yang berbeda :) ...pas ngamuk dan nggak bisa ditenangkan oleh seisi rumah... cuma denger suara ibunya bisa langsung diem hahahaha... (Ini kejadian pas dia ditinggal sama aku)
  • Hira juga udah bisa noleh kekiri dan kekanan kalo ada orang lewat atau denger suara
  • Masih lebih sering tidur daripada bangun.
  • Waktu minum lebih panjang...lambungna makin gede kali ya
  • Udah bisa manja...ahahahah cari perhatian... soalnya suara nangisnya beda :))
  • Hira udah bisa bersuara *selain nangis* ..macem "haaw...gheeeeh"..."mbrrr"
  • Udah bisa ngangkat kepala kalo ditengkurepin :)
  • Udah sering ketawa..tapi belom begitu heboh...
  • Demen banget sama boneka "ci moo" yang dibeliin Ayahnya
Foto menyusul

Senin, 21 April 2008

MONTH 1


200308 :
  1. Lahir di klinik khusus kebidanan Harapan Bunda, bertepatan hari kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW tepat pukul 14.34 WIB spontan, panjang 49 cm dan berat 3050 gram... nangisnya kenceng :)
  2. Pup pertama .. meconium
270308 :
berat 3400 gram, bilirubin 12 harus ke lab buat cek lagi.

010408 :
Berat 3600 gram, masih kuning jadi cek lagi ke prodia hasilnya ternyata bilirubin sudah 7

120408 :
Aqiqah.. :)

140408 :
  1. Berat 4200 gram
  2. Kepala panjul kata dokter itu hanya cairan, harus sering diusap nanti juga diserap sama tubuh.
  3. Mata sebelah kiri belekan, penyebab ; tersumbatnya saluran airmata (banyak bayi yang mengalami ini) belek cukup mengganggu, tersumbatnya saluran airmata ini buat kuman pada bersarang jadi keluar belek dari matanya, solusi sementara dikasih salep Terramycin dioles pagi dan malem, ditambah dengan pijatan dari pangkal hidung yang deket mata sampai idung bawah, untuk membantu sumbatannya hilang.
  4. Imunisasi polio dan Hepatitis B
200408 :
  1. Tindik kuping di Harapan Bunda, pagi jam 9 pake anting plenis 1/4 gr. nangis tapi cuma bentar.
Pengematan perkembangan satu bulan ini :
Kebiasaan dan perkembangan Fahira :
    • Pipis kurang lebih 16 kali - 24 kali satu hari
    • Pup 3 kali pernah seharian nggak pupup, 1 kali 2 hari juga pernah
    • ngenyot ASI setiap bangun tidur atau abis basah popoknya, lama ngASI rekornya ampe 4 jam.
    • Sesuai dengan kebiasaan waktu didalam perut, antara jam 1 sampe jam 4 pagi Hira pasti bangun
    • Hira nggak demen susu formula...
    • Kalau dijemur dimatahari Hira demennya tidur...nikmat kali ya sinar anget masuk ke badannya.
    • Kalo tidur ngelindurnya senyum sama cengengesan... hatinya riang gembira selalu, kadang2 mata ngebuka sebelah seperti sekedar ngecek Ibunya ada disitu atau nggak.
    • Kaki dan tangan sudah bergerak aktif kalo lagi diajak main
    • Mulai "bau tangan" minta digendong kalo mau tidur :( ..gara gara sering di alem sih :(
    • Paling suka tidur dengan gaya "Merdeka" atau tidur nengkurep didada Ayahnya.
    • Kepala udah bisa nengok kekiri dan kekanan
    • Sepertinya sudah bereaksi terhadap cahaya
    • Udah bisa ditengkurepin...biar otot lehernya jadi kuat
komunikasi yang dilakukan :
    • Dia akan bilang "euh..euh" sambil nendang2 kalo popok nya basah.
    • Dia akan buka mulutnya nangis trus lidahnya nempel ke gusi atas kalau dia aus, kalau kurang yakin sentuh pipinya hira pasti ngerespon sambil buka mulut nya itu...
    • Dia akan bersuara "euuuughhhh" dan semua mukanya jadi merah kalo dia mau pup.
    • Terakhir kalo Ibunya lambat ngerespon, dia ngejerit melengking.
    • Kalo digendong...dia suka serius merhatiin muka yang gendong atau ngeliat langit-langit.
    • Dia juga akan bersuara "euugh" seperti mau pup tapi dalam jeda yang pendek, ini tanda Hira kesulitan sendawa atau mau kentut susah.. jadi harus dibantu untuk sendawa.

Senin, 31 Maret 2008

Minggu Pertama...

Perkenalkan Namaku Fahira Raihana Sudartha panggilanku Hira, Putri kesayangan dari Ayah Doddi Sudartha dan Ibu Tri Widarmanti...lahir di klinik khusus kebidanan Harapan Bunda, bertepatan hari kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW, Tanggal 20 Maret 2008, tepat pukul 14.34 WIB spontan, panjang 49 cm dan berat 3050 gram.

Kelahiranku disambut semua keluarga :), yang hadir pada saat aku lahir Ayahku, Aki Ato, nenek Sumarti, Uwa Lina+Uwa Nur, aa Iza, Aki Wagino... Kakek Suparman, nini Titien, Tante Iyul, Om Boy, nenek Latifah Haris ramai2 datang melihatku. Om David dan Tante Ritta juga datang. Teman2 Nenek, dan Pak Beny teman Ayah...

Begitu sampai dirumah, mommi Kelvin, Putri dan mamanya, Rombongan Ibu-Ibu Rt 4 tetanggaku, rombongan Ibu Ibu pengajian.. datang menjenguk jadi ramai, mereka semua ingin tau proses kelahiranku.

Minggu pertama aku bersama Ayah dan Ibu. Hobiku masih tidur...tapi setiap 2 jam aku terbangun...kadang setiap 3 jam. Aku bangun karena popokku basah, aku haus atau mpup. jadual aku minum susu setiap 2 atau 3 jam...sampe bikin puting Ibu lecet-lecet...aku juga sering bangun malam minta mimi...

Tali Pusat Hira puput tanggal 260308 jam 6.15 pagi... waktu Ibu mau mandiin Hira. Jadi mulai sekarang Hira bisa mandi pake air hangat di Bak Mandi. :)