Minggu, 20 Desember 2009

21 MONTH


Perkembangan bulan 21
  • Bisa naik tangga sendiri, dan coba buat turun tangga sambil pegangan
  • Mampu menyimpan sesuatu pada tempatnya, seperti simpan gelas diatas meja tanpa tumpah
  • Bisa melempar dan menendang bola ..tapi belom bisa nangkep bola dengan baik
  • Bisa menyebutkan nama beberapa objek dan beberapa jenis hewan, angka dan huruf
  • Mulai mengerti percakapan simpel seperti : ambil itu, buang ini, pakai baju, ...
  • Sudah hapal beberapa bagian anggota tubuh : mata,hidung, tangan,kaki,kuping,pipi...
  • Mengerti Atas dan bawah...
  • bisa lepas celana sendiri, tapi belum bisa lepas baju :)

Berat : 10 Kg, tinggi 82.5 cm, lingkar kepala : 48.5 cm


Hewan yang sudah dikenal :

  1. Anjing = guguk
  2. Kupu-kupu = pukupu
  3. sapi = sapi/moo
  4. laba2 = aba-aba
  5. semut= emus
  6. gajah = gaja
  7. kucing = memeng
  8. Ikan = ikan
  9. cicak = titak
  10. nyamuk = namuk
  11. cacing = cacik
  12. babi = bapi
  13. monyet = monen
  14. bebek = bebe
  15. kambing = mbe

Bahasa lain :

  1. Atas = atas
  2. Angkat = akat
  3. Ayah = ayah
  4. Aki = akih
  5. batuk = batuk
  6. bawah =bawah
  7. bab = e'eh
  8. bobo = bopo
  9. bawang = wawang
  10. buka= bekah
  11. bunga= wunga
  12. duduk =duduk
  13. daun = daung
  14. dingin = ngining
  15. nggak mau = ga mau
  16. itu = itu
  17. ikut =ikut
  18. Ibu = ibu
  19. minum = mih/minum/nenen
  20. nenek = nene
  21. nini = ninih
  22. jatuh = datuhjatuh = datuh
  23. tangan = nganan
  24. kakak = kaka
  25. takut= kakut
  26. tutup = tutut
  27. Teteh = teteh
  28. telor = tiloh/eyoy
  29. kakek =kakek
  30. kaki = kaki
  31. kuping = kupi
  32. krupuk = pukuh
  33. pipi = pipi
  34. gambar = gamah
  35. makan = mamam
  36. pipis = pipis
  37. main = maih
  38. telpon = kepong
  39. om = om/oy (om boy)
  40. mommy = amih
  41. satu = atu
  42. dua = dua
  43. tinga = tiga
  44. lima = lima
  45. enam = anam
  46. tuju = tuju
  47. tahu = tauh
  48. pisang = pitang
  49. pijit = pidih
  50. nangis = nanis
  51. suka = cuka
  52. enak = enah
  53. buku = bukuh
  54. mau = mau
  55. panas = amis
  56. hallo = haoh
  57. basah = bitah
  58. bintang = bitang
  59. gluduk = guduk
  60. hujan = udan
  61. assalamualaikum = ikum
  62. hebat = ibad
  63. sakit = atit
  64. Habis = abis
  65. Bukan = bukan
  66. Opa = Opak
  67. Silau = Ilau

Minggu, 22 November 2009

20 MONTH


Perkembangan bulan 20
  • Bisa pura-pura memberi makanan boneka, si abe, siberuang ... meniru gaya kita nyuapin makanan pake sendok
  • bisa makan menggunakan sendok dan garpu , udah lihai nyolok makanan pake garpu
  • bisa buka celananya sendiri, tapi buka baju sendiri masih belom bisa lancar
  • Bisa buang sampah ke tempatnya
  • Bisa dan mengerti kalau disuruh ambil sesuatu dengan ditunjuk, bisa juga disuruh mengantarkan sesuatu ... nganterin tuperwear buat dicuci , atau kasih baju kotor buat dicuci
  • Sudah mulai membeo, meniru kata-kata atau prilaku Ibu dan Ayah atau orang lain
  • Bisa naik tangga sendiri dengan posisi berdiri, tapi belom bisa turun tangga sendiri
  • Mulai eksplor genital, ...dan Ebo mesti hati hati dengan prilaku ini..
  • Hapal beberapa anggota tubuh seperti : mata, pipi, hidung, kaki dan tangan
Catatan : Kemampuan berbicara sepertinya agak lambat,.. tapi sudah bisa melakukan komunikasi 2 arah.

Riwayat sakit : - bulan ini SEHAT , masih berjuang keras buat menaikan berat badan ...

Berat : 9.8 Kg tinggi 81.5 cm

19 MONTH



Perkembangan bulan 19

  • Larinya udah kenceng
  • Bisa lempar bola or barang-barang
  • Seneng mengelilingi rumah
  • Bisa panggil : "Meng..meoong" ..Cicak "Titaaah" ..kupu2 "upu pupu" ..nyamuk "namuh" ikan "Kikaah"
  • Ngerti kalau disuruh cuci tangan or kaki
  • Bisa bilang "PIPIS" sebelum pipis ...dan juga "E'eh" sebelum pup ..tapi ini juga masih ada labasnya :p ...tapi sudah cukup berprestasi lah ..dari 7 hari 5 hari pupu di potty ..and dalam 1 hari 1 or 2 celana basah terlanjur ngompol.
Catatan : masih belom lancar bicara ..masih pake bahasa dewa
Riwayat sakit : Diduga Gastroenteritis kalau enggak Food poisoning, selama 3 hari
Ciri-ciri : Muntah, mual, mencret , sehari muntah > 6 kali dan hari ke 2 mencret , badan anget 38 C .
Treatment :
  • Minum pedialit, air putih, ASI
  • Makan dikit-dikit dengan porsi kecil
  • 24 jam Ebo & Ayah nemenin :)

Berat : 9.8 tinggi 81 cm

Selasa, 13 Oktober 2009

MONTH 18



18 bulan.. dengan berat 9.5 kg dan tinggi 81 cm ...gigi geraham 4, 4 gigi atas dan 4 gigi bawah sudah bertengger digusi :)
Perkembangan Hira bulan ke-18
  • Hira udah bisa bilang "Mau inih..." dan kosakata banyak nambah,... ikan = ika ... pisang = pica, kucing = meh, tambahannya banyak ngga bisa ditulis disini :D
  • Kalau mandi udah ngerti disuruh sikat gigi ..benernya sih udah lama, tapi sekarang makin ahli nyikat gigina..palagi kalo bareng sama Ebo sikat gigina pinter deeh
  • Dah pinter ngitung atu..waa..tidaaa ...
  • Udah bisa bilang : keke... = kake
  • Udah bisa mbolak balik buku kayak orang mbaca buku..
  • Udah mulai kenal beberapa jenis hewan, dan bisa manggil "meeeeh ck ck ck ck" = kucing , Uu Uu..= ayam ..."woooooo" = burung
  • udah ngerti kalo disuruh "cuci tangan" ..air dikeran ngucur, pinter deh cuci tangan trus diusap ke pipi..abis itu kakinya diangkat kayak mau wudhu...:p
  • Udah bisa bilang "O..ooww pisss" its a warning she want to pee :) kadang masih telat :)
  • Udah bisa bilang "E-eh" buat kasih tau kalo dia mules and mau pup, bener2 ready buat toilet training
  • Udah ngerti "buang sampah" ..dia bisa buang "diapers malemnya" ke tempat sampah atau kertas bekas ke tempat sampah
  • Udah bisa nunjuk dengan benar kalo ditanya : hidung, pipi,....
  • Udah bisa niruin Sholat, Awoooh awaw ...ikum... *terharu*
  • Bulan ini Hira lagi belajar pake sendal dengan benar, and pake kaos kaki :)
Apa lagi ya.... itu aja deh kayaknya, apa yang kelewat ya? ...

Sabtu, 22 Agustus 2009

MONTH 17


dan akhirnya umurnya 1.5 tahun genaplah sudah, dengan berat badan 9.5 Kg dan tinggi 80 cm
Perkembangan Hira bulan ke-17
  • Ayah, Ibu, Hao, mau, engga mau, ais, nenen, agi yapa, apa, iya ... bahasa yang biasa dipake Hira, ikum..*sambil ketok ketok pintu*
  • bulan ini dia suka banget main ciluk ba sampe kejedot sendiri, dan kalo main sama boneka bayi Hira bisa buka baju kasih bonekanya nenen hahahahaha
  • Hira agak takjub sama mainan yang bergerak, takjub juga ngeliat kucing, burung, dia bisa nunjukin kartu yang gambarnya kucing ...diantara 5 kartu yang beda gambar
  • Hira bisa suapin makan boneka bayinya, bisa kasih minum boneka bayinya pake dot
  • Hira bisa main lempar bola....bisa nendang bola
  • Hira otomatis joget kalo denger musik yang dia suka
  • dan terakhir...Hira hapal gerakan nyanyi topi saya bunder....ahahahahah
  • kata yang dikuasai belom begitu jelas...tapi yang jelas gigi dalem,..gigi geraham pada numbuh 4 buah....
Ibu masih sabar nunggu gigi yang lain...tapi bulan ini nafsu makan berangsur baik, mungkin erupsi gigi sudah terlewati ...sehat ya hira,... Ibu sama Ayah sejauh ini bangga banget sama Hira :)

Rabu, 22 Juli 2009

MONTH 16


widiw udah 16 aja nih Fahira..coba Ebo liat perkembangan Hira di 16 bulan ini apa ya ?

Berat : masih 9.3 kok malah turun????
Tinggi : 78.5 cm

Perkembangan Hira bulan ke-16
  • Ngebuka buku, bolak balik halaman...trus bukunya didudukin :D
  • Udah mulai bisa marah sama Ibu, nunjukin marah sambil nangis or nangis tangan ibu wuiiidiiih galak
  • Udah sering lempar-lempar boneka or mainan :(
  • Kalo udah manjat-manjat susah banget dilarang...malah makin dinikmati :(
  • Udah bisa nyusun 2 balok...
  • Udah bisa pegang sendok dan masukin makanan pake sendok ..lumayan
  • Udah bisa nyolok makanan pake garpu dan masukin makanan ke mulut..pinter
  • udah bisa naik undakan yang tingginya 15 cm ngga pegangan ...horeee engga jatuh dong, kadang bisa naro telp dengan benar wuidiiih kereen
  • Udah bisa lepas celana tapi lon bisa lepas diapers weeew
ngga apa ya...Hira beratnya kurang, hilang nafsu makan...ibu masih berjuang cari cara supaya hira suka makan lagi...semangat !!!!

Senin, 22 Juni 2009

MONTH 15


Fahira, 20 Jun 09 --> 15 bulan imunisasi MMR , berat badan 9,5 Kg tinggi badan 78 cm, :( kenapa berat badannya ngga nambah-nambah ya??? apa timbangannya ngaco???...Ebo dan Ayahnya masih berjuang menambah berat badan Hira ...
Perkembangan Hira bulan ke-15
  • Sudah lancar jalannya
  • Lagi belajar lari, soalnya jalannya cepet mulu
  • Giginya udah 6 ..lagi nunggu numbuh baru lagi
  • Sudah bisa duduk sendiri dikursi kecilnya
  • Sudah pinter kasih tangan dan kaki kalau dipakein baju
  • Sudah bisa pegang sendok sendiri dan mengarahkan sendok ke mulut
  • Sudah bisa minum dari gelas tanpa brecetan
  • Agak aktif sekali...naik turun, lari, nungging, dan lain-lain
  • Kata-kata yang pasti artinya : Ayah, dadah, neneh(minum),ais (gendong), hao (hallo), apah
  • bisa marah, mukul, dan melempar barang
  • mulai belajar megang pinsil,pulpen dan crayon
  • bisa menendang bola
  • kalau ditanya "hidung" dia bisa nunjuk ke idung :)
  • Kalau enggak mau sesuatu dia menggelengkan kepala
  • Hira pinter..cium tangan Ayah & Ebo..dan cium pipi Ayah & Ebo

Minggu, 24 Mei 2009

MONTH 14


Aloha.. Hira sudah 14 bulan usianya (setaon 2 bulan ye, inget itu :p), bulan ini imunisasi HiB yang ke tiga (mahal ya?), tanggal 16 May 09, tingginya masih 77 cm, dengan berat badan 9,3 Kg,... ngga' nambah ya? enggak tau deh kenapa.. berat badan nggak nambah tapi kepinteran pesat banget nambahnya ...mari kita list apa aja yang terjadi di usia 14 bulan ini
Perkembangan Hira bulan ke-14
  • Hira dinyatakan bisa berjalan ... :) senangnya,..udah bisa jalan sendiri sambil bawa boneka, bola or mangkok :p ... dan bulan ini dia mecahin keler kue dong...
  • Giginya masih 5 ...kayaknya mau tumbuh 1 lagi..udah nongol gitu
  • Hira bisa duduk dikursinya sendiri, dan sudah mau makan banyak lagi,.. sekarang udah bisa ngemil nuget sambil nuntun tipi.
  • Udah bisa ngambil gelasnya sendiri n nyedot dari gelas sedotan..
  • Kata-katanya masih giberis..belum bisa bicara
  • Kalo jatoh ..obatnya ditiupin tangannya..ahahaha ngga nyambung ya?
  • Kakinya suka nyangkut dikursi ...
  • udah bisa masukin barang ke dalam keranjang, masukin mainan donat kedalam tiangnya
  • Udah bisa makan nuget sendiri
  • Udah pinter banget minum pake sedotan n gelas...
  • Udah bisa corat coret ...gambar benang kyusut
  • Udah pinter pura pura bicara di telp ..walau bahasanya masih giberis
  • Udah bisa ngikutin gaya " topi saya bundar " ...
Hira masih ASI ... sejak usia 1 tahun sudah mulai dikenalkan susu UHT untuk tambahan aja ,.. Ibu ngga pake susu Formula... pengen liat hasilnya... ternyata syukur alhamdulillah,... waktu kemarin Hira ketemu sama temen2 yang nggak jauh beda umurnya ... dia ceria sekali dan bukan anak pemalu... sama sekali tak ada tangisan or rengekan pas lagi begaaooool ...bangga banget deh .... sama Hira...good girl...tampak pintar dan cerdas sekali kamu nak ... hehehe

Rabu, 22 April 2009

MONTH 13

Hira, 13 bulan ... ngga kerasa ya udah besar, 13 bulan masalah yang dihadepin sama kita adalah Hira hilang nafsu makan, dugaan sementara sih karena gigi nya mau tumbuh.. makan sehari cuma beberapa suap... setelah curhat sama si Ayah, dibeliin lah Hira Vitamin suplemen makanan, syukur alhamdulillah nafsu makannya kembali keasal ... timbangan 13 bulan 9, 3 Kg walau masih keliatan krempeng ..tapi lincah,...

Perkembangan Hira bulan ke-13
  • Sudah mulai berani berdiri ditengah ruangan
  • Sudah mulai jalan beberapa langkah...paling banyak 6 langkah
  • Suka manjat-manjat...tangga, tumpukan bantal
  • Bisa makan nasi lho...
  • Udah tau kalo remote itu buat nyalain TV ahahahaha
  • Kalo mau dipakein celana udah bisa ngasih kaki ...kakinya diangkat sebelah
  • tapi giginya masih 4 aja terus :(

Jumat, 20 Maret 2009

MONTH 12


Selamat Ulang Tahun yang ke-1 sayang,... Ulang Tahun istimewa dirayakan di Jakarta sama Kakek dan Nin, Oma, Omi, Aunty, Mommy, Om, Tante ...dan semua yang datang buat kasih doa dan kado untuk Hira.

Usia Hira sudah 1 Tahun, Berat badan 9,2 Kg, Gigi masih 4 (2 atas, 2 bawah)... tapi seperti yang Ibu bilang .. Hira anak yang super dan cerdas :) ...

Perkembangan Hira bulan ke-12
  • Kalau Kemarin Hira cuma bisa turun kasur, sekarang Hira sudah bisa naik kasur sendiri
  • Hira berani melangkah sebanyak 2 langkah menghampiri Ibu ...
  • Hira udah jago makan krupuk...
  • Hira udah makan banyak ... dan suka sama mangga :)
  • Hira sudah bisa kasih ibu angka 1 pake jari telunjuk
  • Udah jago nyautin telpon "heeeeeh...aaaaaaah, haoo"
  • Rajin sekali manjat-manjat
  • Rambutnya udah bisa dikuncir 2 hihihi lucu nya...
  • Udah bisa minum pake sedotan,.. juga udah jago minum pake gelas monyong ...
  • Udah bisa pegang sendok dan masukin makanan pake sendok ke mulut..
  • Udah berani berdiri sendiri...
  • Udah bisa ngocorin air keran...
  • Aaaaaaah pokoknya Hira pinter ..., semoga bulan depan udah bisa jalan sendiri ya

Doa Ibu buat Hira, Semoga Hira selalu menjadi anak sholehah yang sehat, pintar , kaya ilmu dan harta juga berbakti pada orang tua, sayang sama orang tua, sayang sama orang-orang disekeliling Hira, Hira berhati lembut, tidak pernah berhenti mengucap syukur dan memuji Alloh SWT ... Amien.
Aksinya waktu berdiri ...ini diambil dihalaman depan, Hira mau ambil tanaman..

Minggu, 22 Februari 2009

MONTH 11



Selamat, Ibunda ucapkan buat Fahira putrinya Ayah Doddi :) bulan ini genap 11 bulan usiamu nak, dengan berat 8.9 dan gigi 4,..serta beberapa perkembangan yang menakjubkan,... kalo kata acara di metro itu... Super :p

Perkembangan Hira bulan ke-11

  • Hira udah bisa turun dari kasur, kaki duluan.. wehew
  • Tumbuh 2 gigi diatas, disertai dengan demam, rewel, dan nggak mau lepas dari Ibu dan Ayah
  • Kecepatan merangkak tambah cepet, mulai nungging mau belajar berdiri sendiri
  • Bisa Dadah, cilukba, dan menggunakan telunjuk untuk menekan sesuatu
  • Bisa memberikan sesuatu dengan tangannya
  • Mulai berani main kekolong-kolong, apalagi kolong meja makan became hira the explorer
  • Berani naik tangga, bisa merayap lho ... kereeen
  • Bisa ambil telepon bergaya orang nelepon, walau masih giberis entah apa bahasanya
  • Bisa goyang kanan kiri kalo ada lagu, bisa ngibing :p tangannya seperti orang nari
  • Rambutnya dah kusut kalo bangun tidur :p
  • Jatuh dari box tempat tidurnya yang besar .. :( karena dia manjat,.. 2 hari tidurku tak nyenyak gara gara merasa bersalah,...

Selasa, 20 Januari 2009

MONTH 10


Selamat ya, Fahira sekarang udah 10 bulan usianya, makin pintar dan kreatif banget. bulan ini udah mulai mau diajak jalan, nggak sering digendong, udah merangkak kesana kemari, udah jatuh beberapa kali tapi tetep semangat buat belajar jalan dan bicara...Hira teeeaaa ateuh..

Berat Badan terakhir 8,5 Kg, kemarin sempet demam sampe 39.1 derajat Celcius tapi sembuh hanya dalam 2 hari aja, berkat menjalani guide line dengan betul (InsyaAlloh baik-baik saja).. heheh jadi gak perlu ke Dokter..Amien.

Perkembangan hira bulan ke-10 :
  1. Gigi fahira sudah tumbuh 2 buah digusi bawah, 2 gigi seri
  2. Bisa berdiri tanpa bantuan sambil megang ke sesuatu, merubah posisi dari duduk ke berdiri, atau sebaliknya, eh trus bisa berdiri beberapa detik gitu ..uiiih senengnya
  3. Bisa bilang Dadah...,Yebo, Ayah
  4. Bisa gerakin tangan kayak Dadah sambil bilang Dadaaa...
  5. Bisa mukul mainan dengan kedua tangannya
  6. kecepatan merangkak udah lumayan
  7. Udah bisa ngambek, protes, atau menolak sesuatu
  8. Udah bisa ambil barang trus dilempar
  9. Hira suka memanjat sesuatu...
  10. Tepuk tangannya sudah jago
  11. Makannya udah banyak bisa sampe 4-5 kali sehari
  12. Sudah pintar menelan dan mengunyah...
Catatan :

Imunisasi HIB : 13 Januari 2009